Headlines News :
Home » » Politikus PKS Diperiksa Terkait Kasus PON Riau

Politikus PKS Diperiksa Terkait Kasus PON Riau

Written By Tribunekompas.com on Jumat, 20 September 2013 | 2:49:00 PM

JAKARTA, TRIBUNEKOMPAS.
By: Bayu.

- Komisi Pemberantasan Korupsi memanggil Ahmad Zainuddin dalam kasus suap Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau, Jumat, 20 September 2013. Ahmad adalah politikus Partai Keadilan Sejahtera yang juga anggota Komisi Olahraga Dewan Perwakilan Rakyat.

"Diperiksa sebagia saksi untuk tersangka RZ (Gubernur Riau nonaktif Rusli Zainal)," kata Priharsa Nugraha, Kepala Divisi Pemberitaan KPK, Jumat, 20 September 2013.

Dalam kasus tersebut, pemeriksaan ini adalah yang kedua bagi Ahmad. Pada 11 September lalu, alumnus Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab Jamiyah Imam Muhammad Ibnu Sa`ud di Jakarta itu juga diinterogasi penyidik KPK dalam kasus yang sama. Informasi dari petugas KPK, Ahmad sudah memenuhi panggilan sejak pagi tadi.

Kasus dugaan rasuah PON Riau terungkap bermula saat KPK mencokok tujuh anggota DPRD Riau pada 3 April 2012 lalu. Dari tangan mereka, KPK menyita duit Rp 900 juta yang diduga terkait dengan kasus pembangunan proyek PON di Riau. Sejak 2006, Pemerintah Provinsi Riau telah menggelontorkan duit Rp 3,8 triliun untuk pembangunan proyek PON. Di luar duit itu, pemerintah mengucurkan dana pendukung Rp 456 miliar untuk fasilitas penunjang.

KPK menduga politikus itu menerima suap agar menyetujui revisi pembahasan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2010 tentang pembangunan venue lapangan tembak PON XVII Riau. Dengan demikian, anggaran proyek bisa dikatrol hingga ke pemerintah pusat. Belakangan, tersangka kasus tersebut bertambah hingga 14 orang, yang juga menyeret Ketua DPP Golkar Rusli Zainal.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

.

.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. TRIBUNEKOMPAS.COM - All Rights Reserved
Published by Tribunekompas.com