Headlines News :
Home » » Menimbun Uang, Perilaku Menyimpang Para Koruptor

Menimbun Uang, Perilaku Menyimpang Para Koruptor

Written By Tribunekompas.com on Kamis, 16 Januari 2014 | 3:30:00 AM

JAKARTA, TRIBUNEKOMPAS.
By: Alex.

-Perilaku menyimpan barang atau uang tanpa tujuan yang jelas dapat dikategorikan sebagai bentuk perilaku menyimpang. Sebab, perilaku ini tidak bertujuan memenuhi kebutuhan melainkan hanya bertujuan memenuhi eksistensi.

"Erich Fromm dalam salah satu teorinya menyebutkan, masalah manusia penimbun bukan terletak pada utilitas saja, melainkan memang untuk memenuhi eksistensi mereka, dan perilaku ini sangat membutuhkan perwujudan nyata," kata psikolog forensik, Reza Indragiri Amriel, saat dihubungi Tribunekompas, Rabu, 15 Januari 2014.

Psikologi forensik mengkaji perilaku menimbun seperti ini yang banyak ditemui pada koruptor dan akhirnya muncul dalam perilaku aneh lainnya. Salah satunya, menyimpan uang atau barang hasil penimbunan di tempat yang tidak wajar. Misalnya, ditembok rumah seperti yang dilakukan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar.

Ada pula yang sampai menyimpan barang hasil penimbunannya di halaman belakang rumah, kamar mandi, bahkan makam. "Menyimpan di tempat  yang aneh merupakan kelanjutan dari perilaku menimbun dan disebut sebagai perilaku strategis mensiasati penegak hukum," kata Reza.

Menurut dosen psikologi forensik yang mengajar di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dan Universitas Indonesia ini, perilaku menimbun dalam diri koruptor merupakan perilaku menetap yang menjadi perwujudan eksistensi diri. Karena itu, menurut Reza, tidak ada koruptor yang miskin.

"Mereka semua kaya-kaya, sebab mengumpulkan uang bukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan yang kurang, tapi benar-benar terobsesi menimbun sesuatu," katanya. Ia mencontohkan perilaku mengumpulkan mobil sport sebanyak-banyaknya yang dilakukan terdakwa korupsi APBD Banten, Tubagus Chaeri Wardana, juga termasuk perilaku menyimpang.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

.

.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. TRIBUNEKOMPAS.COM - All Rights Reserved
Published by Tribunekompas.com