Headlines News :
Home » » Camat Gunung sindur Bikin Sengketa Lahan Tambah Kisruh

Camat Gunung sindur Bikin Sengketa Lahan Tambah Kisruh

Written By Tribunekompas.com on Jumat, 18 Mei 2012 | 1:29:00 PM

BOGOR, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Rahmat Husein.

- Kisruh
lahan eks PTP XI seluas 31,9 Ha di Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, antara sekitar 150 masyarakat yang sudah memiliki surat sertifikat dan AJB [Akte Jual Beli] dengan PT. Swakarsa Wira Mandiri (SWM), hingga kini makin meruncing.

Bahkan di lokasi tersebut sudah berdiri bangunan–bangunan permanen dan perumahan yang menambah kisruh permasalahan walau persoalannya, kata sumber yang tidak ingin disebutkan jati dirinya, sudah ditangani pihak yang berwajib.

Hasil pantauan Tribunekompas dilapangan, adalah H. Nursin pemilik lahan seluas 3,5 Ha, dengan sertifikat syah dan sudah membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) sejak 1994, tiba-tiba tanpa diketahuinya telah ada PBB baru di lahannya dan diduga kemungkinan ada rencana penerbitan Sertifikat baru juga dilahan miliknya.

"Saya belum pernah atau tidak merasa menjual tanah yang saya beli dengan syah tapi kenapa sekarang ada PBB baru di lahan saya," ungkap Nursin, yang mengetahui PBB baru dilahannya tersebut atas nama PT Swakarsa Wira Mandiri. Nursin menyatakan sangat prihatin dengan adanya surat PBB baru dilahannya yang di rekomendasikan Camat Gungung Sindur ke Kantor Pajak, ketika ditemui Tribunekompas kemarin 17/05.

Beberapa waktu lalu, kata Nursin, Ia pernah mengadukan persoalan ini kepada Camat Gunung Sindur agar dapat mencarikan jalan keluar dari persoalan tersebut dan Camat berjanji membantu menyelesaikannya tapi belakangan malah terbit PBB baru atas nama PT SWM.

"Saya memiliki tanah tersebut sejak 1994 dan sudah mambayar PBB kalau memang benar ada PBB baru atas nama PT SWM, inikan tambah kisruh," ucap Nursin .

Sementara itu, Yudi Pasaribu yang mewakili pemilik lahan dan bangunan megah milik seorang pejabat ketika dihubungi mengatakan belum tahu kalau ada PBB baru diatas lahannya.

"Saya justru tidak tahu kalau ada PBB baru dilahan saya," kata Yudi Pasaribu.

Camat Gunung Sindur Renaldi Yushab ketika di konfirmasi tentang terbitnya PBB baru atas nama PT Swakarsa Wira Mandiri, membenarkan hal tersebut.

"Pada waktu itu saya menghubungi rekan saya orang pajak KPP Pratama Kabupaten Bogor, Bpk. AD, kemudian saya bilang, bahwa saya akan memasukan PAD (Pendapatan Asli Daerah) baru atas nama PT. Swakarsa Wira Mandiri, yang selama ini belum pernah membayar pajak PBB diatas lahan eks PTP XI seluas 31,9 Ha. Kan lumayan buat menambah PAD," jelas Camat Gunung Sindur, Renaldi Yushab.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

.

.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. TRIBUNEKOMPAS.COM - All Rights Reserved
Published by Tribunekompas.com